Selasa, 01 Mei 2018

Macam-macam Tes Inventori Psikologi

Syarat Alat Tes Suatu alat tes harus memenuhi persyaratan diantaranya: Validasi adalah suatu ukuran untuk memprediksi kriterium yang telah ditentukan Reliabel adalah reliabel suatu tes berkaitan dengan konsistensi, reproducibility dan ketelitian tes tersebut. Apabila validasi adalah hubungan antara hasil tes dengan suatu kriterium luar. Maka realibitas adalah hubungan di dalam tes itu sendiri. Distandardisasikan, dalam hal ini maksudnya agar situasi tes benar-benar sama bagi setiap subjek yang di tes sehingga hasilnya dapat dibandingkan dari satu subjek ke subjek yang lain.

 

Tes harus objektif, artinya apakah penilaian atas tes tersebut adalah objektif, yakni akan memberi hasil yang sama bila dinilai oleh pemeriksa yang berbeda-beda. Tes harus komprehensif, yang di maksud disini adalah bahwa tes tersebut dapat mengungkap banyak hal terutama dalam tes prestasi. Tes harus diskriminatif, tes harus mampu menunjukkan perbedaan-perbedaan mengenai sifat/faktor tertentu pada individu yang satu dengan individu yang lain.

Macam-macam Tes Inventori Baiklah selanjutnya adalah mengenal macam-macam jenis pada tes inventori dalam psikologi yang tergolong dalam beberapa jenis tes yaitu: 1. Tes Inventori Kepribadian MMPI (Minnesota Personality Inventory) CPI (California Psychological Inventory) PIC (Personality Inventory for Children) MCMI (Millon Clinical Multiaxial Inventory) 16 PF (Sixteen Personality Factor Questionnaire) EPPS (Edward Perssonal Preference Schedule) PRF (Personality Research Form) JPI (Jackson Personality Inventory) 2. Tes Inventori Minat SCII (Strong-Campbell Interest Inventory) JVIS (Jackson Vocational Interest Survey) KPR-V (Kuder Preference Record - Vocational) CAI (Career Assessment Inventory) RMIB (The Rothwell-Miller Interest Blank) 3. Tes Inventori Nilai Study OF Value WVI (Work Value Inventory).

Sekian artikel psikologi tentang Macam-macan Jenis Syarat Tes Inventori dalam Psikologi. Semoga bermanfaat.

This Is The Newest Post

1 komentar so far

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.


EmoticonEmoticon